MEDIA DAN POLITIK: ANALISIS FRAMING BERITA TENTANG BASUKI TJAHAJA PURNAMA (AHOK) SEBAGAI CALON GUBERNUR PADA PEMILIHAN GUBERNUR DKI JAKARTA TAHUN 2017 DI MEDIA ONLINEMEDIAINDONESIA.COMDAN OKEZONE.COM PERIODE 1 AGUSTUS SAMPAI 30 NOVEMBER 2016

Elmas, Siprianus (2017) MEDIA DAN POLITIK: ANALISIS FRAMING BERITA TENTANG BASUKI TJAHAJA PURNAMA (AHOK) SEBAGAI CALON GUBERNUR PADA PEMILIHAN GUBERNUR DKI JAKARTA TAHUN 2017 DI MEDIA ONLINEMEDIAINDONESIA.COMDAN OKEZONE.COM PERIODE 1 AGUSTUS SAMPAI 30 NOVEMBER 2016. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT.pdf] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Media dan politik memiliki hubungan yang sangat erat, terutama
dalam hal pemberitaan. Sebuah peristiwa politik tidak akan pernah luput dari
pemberitaan semua jenis media massa tak terkecuali media online. Dengan
kata lain media massa dan politik saling membutuhkan. Media massa pada
akhir-akhir ini tidak bisa lepas dari berita yang bermuatan politik atau
mengakomodir kepentingan politik kelompok tertentu. Ada berbagai hal yang
bisa mempengaruhi suatu isi berita. Dan untuk mengetahui hal itu perlu
adanya penelitian tentang analisis framing terhadap sebuah pemberitaan di
media massa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif serta
menggunakan analisis framing model Pan dan Kosicki. Analisis framing
dilakukan terhadap berita-berita seputar Ahok yang terkait dengan Pemilihan
Gubernur DKI Jakarta 2017. Penelitian ini menganalisis berita yang dimuat
di dua media online yakni, mediaindonesia.com dan okezone.com. Sample
berita yang digunakan yaitu berita pada periode 1 Agustus sampai 30
November 2016.
Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa, berita tentang Ahok
berkaitan dengan Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017, yang dimuat di
mediaindonesia.com dan okezone.com, terdapat bebagai macam temuan
frame pada berita-berita yang dimuat. Tentu frame-frame ini dibangun demi
tujuan politik tertentu.
Kata Kunci: Media massa, Politik, Berita, dan Framing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Didik Haryadi Santoso, MA
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 28 Sep 2017 09:37
Last Modified: 18 Aug 2022 03:27
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/654

Actions (login required)

View Item
View Item