Peran Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Membangun Brand Equity Produk Wardah Beauty oleh PT Paragon Technology and Innovation Periode April – Juli 2019

Sari, Arien Nova (2019) Peran Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Membangun Brand Equity Produk Wardah Beauty oleh PT Paragon Technology and Innovation Periode April – Juli 2019. Naskah Publikasi Prodi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
naskah publikasi full.docx

Download (329kB)

Abstract

Brand equity yang baik ditunjukkan dari seberapa baik hubungan perusahaan dengan stakeholder-nya. Salah satu upaya yang ditempuh adalah pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR). Regulasi kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan di Indonesia telah diatur di dalam Pasal 74 UU No.40 tahun 2007. PT Paragon Technology and Innovation telah melaksanakan program CSR, tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah aktivitas CSR ini dapat dikatakan bagian marketing komunikasi pemasaran dan mengetahui peranan CSR dalam membangun brand equity Wardah Beauty. Jenis penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif. Beberapa teori dalam menunjang penelitian ini yaitu teori mengenai Marketing Communication, Brand Management, Brand Equity Keller dan Brand Equity Aker, serta Corporate Social Responsibility. Data yang diperoleh yaitu dengan cara observasi, wawancara kepada narasumber dan mendokumentasikannya kemudian dideskripsikan. Penelitian ini menemukan bahwa aktivitas CSR oleh PT Paragon Technology sejalan lurus dengan perspektif perwujudan Teori Brand Equity Keller dan Teori Brand Equity Aaker. Adapun peran CSR PT Paragon Technology and Innovation dalam marketing komunikasi untuk pembangunan ekuitas merek antara lain menunjang positioning merek perusahaan, menciptakan preferensi merek, mendorong peningkatan penjualan, menarik mitra yang bisa diandalkan serta memiliki kepedulian besar untuk merubah perilaku masyarakat dan memberikan dampak yang nyata terhadap perubahan sosial. Kelima peranan tersebut terbukti membangun ekuitas merek Wardah Beauty terbukti dengan tercapainya berbagai penghargaan yang di raih oleh brand Wardah, salah satunya sebagai TOP Brand sejak 2011 hingga 2018.
Kata Kunci : Brand Equity, CSR, Wardah, Marketing Komunikasi

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: M. Nastain. S.Sos., I., M.Kom
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 19 Dec 2019 06:25
Last Modified: 19 Dec 2019 06:25
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/6541

Actions (login required)

View Item
View Item