Anggraini, Dwi (2016) STEREOTIP PEREMPUAN DALAM FILM GET MARRIED ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BHARTES. eJournal Ilmu Administrasi Bisnis.
Ejournal STEREOTIP PEREMPUAN DALAM FILM GET MARRIED.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (83kB)
Abstract
Abstrak
Film Get Married adalah film yang menceritakan tentang kehidupan
4 anak muda yang mengakui dirinya sebagai anak muda paling frustrasi seIndonesia. Film Get Married ini juga banyak memberikan pembelajaran
terhadap kehidupan masyarakat dan terdapat juga banyak hiburan komedi
yang ditampilkan di film ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanda-tanda dan pesanpesan yang mestereotipekan perempuan dalam film Get Married.
Metodologi penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini berdasarkan pada teori Semiotika Roland
Barthes yang menganalisis menggunakan dua pemaknaan bertingkat, yaitu
makna denotasi dan makna konotasi. Secara denotasi film Get Married
menceritakan kehidupan 4 orang sahabat yang tidak mempunyai pekerjaan
dan cerita seorang perempuan betawi tomboi yang sedang mencari jodoh.
Sedangkan secara konotasi ditemukan bahwa pemahaman tentang mencari
jodoh diartikan secara sempit. Diperlihatkan di film ini bahwa dengan
mencarikan anak jodoh akan mempercepat untuk anaknya ke jenjang
pernikahan. Film ini dapat dijadikan suatu pelajaran bagi kita agar dapat
memaknai lagi kesetian dari persahabatan dan prilaku yang pada seorang
perempuan tomboi.
Menurut mitos perempuan difilm ini masih menunjukan sifat
perempuan betawi yang asli karena meskipun dia menyukai lelaki dia tetap
menunggu lelaki itu datang bukan mengejar dan menyatakan cinta duluan.
Kata Kunci : Film Get Married, Stereotipe Perempuan, Semiotika.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 28 Sep 2017 10:40 |
Last Modified: | 28 Sep 2017 10:40 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/666 |