Pengaruh Corporate Social Responsibility (Csr) Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei)

Kandow, Ester (2020) Pengaruh Corporate Social Responsibility (Csr) Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Ester Kandow Jurnal.docx

Download (92kB)

Abstract

Nilai perusahaan dapat diukur dari besarnya Price Book Value (PBV). Price Book Value (PBV) merupakan rasio harga saham terhadap nilai buku perusahaan yang menunjukkan seberapa besar nilai harga saham perlembar dibandingkan dengan nilai buku perlembar saham. Corporate Social Responsibility (CSR) diukur melaui CSRIj yang merupakan pengungkapan informasi yang berkaitan dengan tanggung jawab perusahaan. Profitabilitas yang diukur melalui Return on Assets (ROA), dimana Return on Assets didefinisikan sebagai efektivitas perusahaan dalam menghasilkan laba dengan memanfaatkan aktivitas yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh CSR dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan.
Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2016-2018. jumlah sampel yang diperoleh 16 perusahaan dengan metode purposive sampling. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nilai perusahaan sedangakan variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu CSR dan Profitabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan glejser. hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan ROA tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan sedangkan CSR dan Profitabilitas secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR), Profitabilitas dan Nilai Perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 29 Dec 2021 01:26
Last Modified: 29 Dec 2021 01:26
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/7687

Actions (login required)

View Item
View Item