KOMUNIKASI PEMASARAN PT. MEDIA TRIBUN YOGYA (Studi Deskriptif Pada Surat Kabar Harian Tribun Jogja dalam Membangun Brand Image di Masyarakat Yogyakarta Tahun 2014)

Bawono, Andhika Dian (2017) KOMUNIKASI PEMASARAN PT. MEDIA TRIBUN YOGYA (Studi Deskriptif Pada Surat Kabar Harian Tribun Jogja dalam Membangun Brand Image di Masyarakat Yogyakarta Tahun 2014). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[thumbnail of COVER DAN LAMPIRAN.pdf] Text
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT.pdf] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAKSI
Brand image merupakan salah satu komponen penting dalam aktivitas
pemasaran sebuah perusahaan atau produk. Tribun Jogja sebagai perusahaan media
yang baru hadir di Yogyakarta harus mampu membangun brand image di masyarakat
untuk dapat memenangkan kompetisi surat kabar di Yogyakarta. Langkah-langkah dari
kegiatan komunikasi pemasaran harian Tribun Jogja dalam membangun brand image di
masyarakat Yogyakarta akan menjadi tujuan dari penelitian ini.
Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yang bersifat
deskriptif. Penelitian dilakukan terhadap keseluruhan kegiatan komunikasi pemasaran
dari harian Tribun Jogja dalam membangun brand image untuk memenangkan
kompetisi surat kabar di Yogyakarta. Objek dalam penelitian ini adalah strategi
komunikasi pemasaran terpadu dari Tribun Jogja dalam membangun brand image
kepada masyarakat Yogyakarta pada tahun 2014. Metode pengumpulan data
menggunakan wawancara, dokumentasi, ataupun observasi langsung.
Dalam membangun brand image, Tribun Jogja menggunakan strategi promosi
untuk membentuk image positif di benak masyarakat Yogyakarta. Strategi promosi
tersebut dilakukan melalui promosi penjualan dan promosi merek. Masing-masing
strategi tersebut mempunyai tujuan dan sasaran yang berbeda-beda. Promosi penjualan
lebih bertujuan untuk meningkatkan angka penjualan dari Harian Tribun Jogja,
sedangkan strategi promosi merek dilakukan dengan tujuan untuk membangun
keterikatan merek Tribun Jogja dengan masyarakat.
Kata kunci: brand image; komunikasi pemasaran; promosi; surat kabar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Niken Puspitasari, S.IP., M.A
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 05 Oct 2017 04:27
Last Modified: 18 Aug 2022 03:18
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/786

Actions (login required)

View Item
View Item