Widyaningrum, Nuri (2020) Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.
NASKAH PUBLIKASI.docx
Download (45kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba yang diukur dengan discretionary accruals. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah manajemen laba. Sempel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2016-2018. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian dilakukan pada 96 perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2018. Data penelitian merupakan data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif terhadap manajemen laba, leverage berpengaruh positif terhadap manajemen laba, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh negatif terhadap manajemen laba.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan Kampus 3 |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Laba, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi |
Depositing User: | Akuntansi UMBY |
Date Deposited: | 25 Feb 2020 06:39 |
Last Modified: | 25 Feb 2020 06:39 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/7870 |