Hubungan Antara Adversity Quotient Dengan Kecanduan Game Online Pada Remaja

Arifin, Deska Triani (2020) Hubungan Antara Adversity Quotient Dengan Kecanduan Game Online Pada Remaja. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (28kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara adversity quotient dengan kecanduan game online pada remaja. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif antara adversity quotient dengan kecanduan game online pada remaja. Subjek penelitian ini berjumlah 100 orang. Penentuan subjek penelitian menggunakan metode Nonprobability Sampling. Pengumpulan data menggunakan alat ukur berupa Skala Adversity Quotient dan Kecanduan Game Online pada remaja . Metode analisis yang digunakan adalah Pearson Correlation. Hasil analisis diperoleh nilai korelasi sebesar r = -0.365 dan p = 0,000 (p < 0,01). Nilai koefisien determinasi (R squared) sebesar 0.133 yang berarti adversity quotient memberikan sumbangan efektif sebesar 13.3% terhadap kecanduan game online. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan negatif antara adversity quotient dengan kecanduan game online pada remaja.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3
Uncontrolled Keywords: kecanduan game online, adversity quotient, game online, remaja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 15 Jan 2022 06:05
Last Modified: 15 Jan 2022 06:05
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/8242

Actions (login required)

View Item
View Item