Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Pemasaran di Desa Wisata Segajih Live in and Education Kulon Progo Yogyakarta Tahun 2019

Widodo, Oki (2020) Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Pemasaran di Desa Wisata Segajih Live in and Education Kulon Progo Yogyakarta Tahun 2019. Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (33kB)

Abstract

Komunikasi merupakan sebuah proses pertukaran pesan yang tidak pernah lepas dari kehidupan manusia. Peran dan fungsi komunikasi tentu dibutuhkan dalam seluruh aspek, baik dari aspek sosial, politik, budaya, termasuk pariwisata. Dalam bidang pariwisata sendiri, komunikasi yang dibutuhkan adalah komunikasi yang berperan dan berfungsi untuk memasarkan sebuah destinasi pariwasata. Artinya komunikasi pemasaran menjadi satu tonggak yang penting untuk memengaruhi para calon wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata yang dipasarkan. Era perkembangan teknologi dan informasi hari ini juga menjadi salah satu tantangan sekaligus pemicu untuk memampukan manusia menjadi lebih inovatif dan kreatif, yang tentunya hal ini juga berlaku untuk pariwisata. Semakin banyaknya destinasi pariwisata yang dibuka, mengharuskan para pengelola pariwisata untuk mampu bersaing dan menetapkan strategi pemasaran yang unik dan efektif. Salah satunya adalah wisata di Desa Segajih, Kulon Progo, yang memasarkan wisatanya dengan tagline ‘Live and Education’. Melalui studi deskriptif kualitatif komunikasi pemasaran di Desa Wisata Segajih dijelaskan. Wisata yang dikelola langsung oleh masyarakat setempat ini, berada di tengah-tengah Waduk Sermo dan wisata alam lainnya di Kec. Kokap. Kegiatan yang dijadikan sebagai sebuah produk wisata di Desa Wisata Segajih antara lain: melukis, membatik, membuat gula semut, susur sungai, dan fun game. Tidak hanya sekadar wisata, di Desa Wisata Segajih juga menawarkan paket kegiatan, penginapan, dan juga konsumsi. Produk-produk tersebut dipasarkan melalui media sosial seperti: facebook, instagram, dan youtube. Strategi pemasaran tersebut sejalan dengan terbukanya lapangan pekerjaan untuk masyarakat lokal dan pendapatan perkapita.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, Pariwisata, Desa Wisata Segajih.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 03 Jan 2022 05:29
Last Modified: 03 Jan 2022 05:29
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/8407

Actions (login required)

View Item
View Item