NEW MEDIA DAN LITERASI (Studi Deskriptif Kualitatif Literasi New Media Orang Tua dan Guru pada Anak-Anak di SD Muhammadiyah Program Khusus Surakarta dan MI Muhammadiyah Program Khusus Blimbing Tahun 2019)

Hapsari, Cindy Melinda (2020) NEW MEDIA DAN LITERASI (Studi Deskriptif Kualitatif Literasi New Media Orang Tua dan Guru pada Anak-Anak di SD Muhammadiyah Program Khusus Surakarta dan MI Muhammadiyah Program Khusus Blimbing Tahun 2019). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP] Text (SKRIPSI LENGKAP)
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Literasi media telah menjadi titik kritis bagi proses pendidikan di era digital. Guru dan orang tua adalah aktor yang melekat dalam membangun literasi media yang berkelanjutan. Dalam upaya memberikan wawasan tentang praktiknya, penelitian ini membahas bagaimana orang tua dan guru menerapkan literasi media untuk siswa kelas 2 sampai 5 SD di dua sekolah yang berbeda: SD Muhammadiyah Program Khusus Surakarta dan MI Muhammadiyah Program Khusus Blimbing. Metode kualitatif dikoordinasikan untuk memahami bagaimana peran orang tua dan guru mempengaruhi kecanduan gadget pada anak-anak. Data diperoleh dari sumber utama seperti observasi, wawancara mendalam, dan studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sesuai konsep literasi media, anak kelas 2 sampai 5 SD mampu mengoptimalkan penggunaan gadget sesuai dengan aspek teknologi, anak-anak juga lebih menyaring apa yang teman-teman mereka lakukan, yang dapat mereka tiru sesuai aspek literasi dan informasi. Mereka juga dapat membuat sesuatu yang menarik sesuai dengan aspek kreativitas media. Selain itu, anak-anak juga dapat bertanggung jawab dengan konsekuensi yang didapatkan dari penggunaan gadget.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: New Media, Anak-Anak, Kecanduan Gadget
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 05 Jan 2022 01:51
Last Modified: 18 Aug 2022 06:07
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/8535

Actions (login required)

View Item
View Item