Sampouw, Christine Pingkan Analisis Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Melalui Situs Belanja Online Shopee (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Faktor Pengambilan Keputusan Konsumen Melalui Situs Belanja Online Shopee) Periode Juli-Desember 2019. Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.
Naskah Publikasi Christine Pinkan 15071096.doc
Download (150kB)
Abstract
Shopee masuk dalam 5 besar e-commerce yang diminati pengguna di Indonesia dengan beragam kategori produk yang dijual, mulai dari gadget, fashion, elektronik, komputer, hingga otomotif. Kerjasama antara Shopee dengan endorsement juga tampak sebagai upaya untuk menjaga eksistensi tren di bidang yang semakin luas. Pada penelitian ini juga tampak bahwa ada keragaman latar belakang yang menaungi masing-masing pribadi untuk menggunakan market place ini, yang kian lama semakin konsisten di tengah merebaknya banyak market place online yang lain, serta toko konvensional di daerah masing-masing.
Penelitian ini memiliki jenis kualitatif dengan menggunakan metode wawancara untuk mendapatkan kedalaman data. Subjek penelitian terdiri dari enam orang, yang terdiri dari latar belakang profesi yakni wirausaha, ibu rumah tangga, mahasiswa, dan karyawan. Teknik analisis dilakukan dengan membagi dua jenis data yakni: 1) data primer dari wawancara langsung, dan 2) data sekunder dari artikel yang relevan dengan penelitian.
Proses pengambilan keputusan pembelian para konsumen dalam membeli produk dalam situs belanja Shopee dilakukan dengan beragam cara berdasarkan latar belakang dan keinginan yang muncul dari dalam diri masing-masing. Oleh karena itu tidak heran jika pengambilan keputusan yang dilakukan oleh konsumen seorang siswa, pekerja, bahkan ibu rumah tangga menjadi tampak berbeda-beda. Seiring berubahnya pola belanja saat ini, kebutuhan tersier dengan cepat berubah seolah-olah menjadi sangat primer mengalahkan kebutuhan primer yang sesungguhnya
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan Kampus 3 |
Uncontrolled Keywords: | proses pengambilan keputusan, konsumen, tren, produk, Shopee |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 29 Dec 2021 03:32 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 02:41 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/8554 |