SISTEM PAKAR UNTUK MENENTUKAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN METODE FUZZY MULTI-ATTRIBUTE DECISION MAKING

Hidayat, Rahmat (2017) SISTEM PAKAR UNTUK MENENTUKAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN METODE FUZZY MULTI-ATTRIBUTE DECISION MAKING. Naskah Publikasi Prodi Sistem Informasi.

[thumbnail of Publikasi.docx] Text
Publikasi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)

Abstract

Kecerdasan emosional akhir-akhir ini menjadi perbincangan yang cukup hangat
di kalangan masyarakat, masyarakat semakin sadar bahwa keberasilan tidak hanya
cukup dengan keterampilan teknis dan pengetahuan ilmiah, namun juga dipengaruhi
oleh kemampuan dalam mengendalikan emosi. Semakin tinggi kesadaran masyarakat
untuk mengetahui kemampuan tingkat emosi menjadi alasan untuk membuat sistem
yang mampu menganalisis kecerdasan emosional. Dengan demikian dibutuhkan suatu
sistempakar yang dapat menentukan kecerdasan emosional. Dalam hal ini peneliti
menggunakan ciri emosional terdiri dari 5 variabel yaitu, kesadaran diri, pengaturan
diri, motivasi diri, empati diri, keterampilan sosial. Nilai dari kelima variabel akan
dihitung dengan menggunakan metode Fuzzy Multi-Attribute Decision. Metode ini
cukup efisien digunakan untuk menentukan nilai dari kecerdasan emosi tersebut.
Sistem ini akan menghitung nilai kecerdasan emosi berdasarkan karakteristik yang ada.
Dari kinerja sistem diperoleh kesimpulan bahwa hasil perhitungan yang dilakukan oleh
sistem memperoleh akurasi sebesar 90%, sehingga sistem sudah berjalan dengan baik.
Kata Kunci : Sistem Pakar, Kecerdasan Emosional, Fuzzy Multi-Attribute
Decision Making kecererdasan Emosional, PHP.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Anief Fauzan Rozi, S.Kom.,M.Eng
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Sistem Informasi
Depositing User: Sistem Informasi UMBY
Date Deposited: 11 Oct 2017 04:26
Last Modified: 11 Oct 2017 04:26
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/879

Actions (login required)

View Item
View Item