Strategi Lomba Dan Negosiasi Pt. Insan Medika Persada Dalam Menjalin External Relations Dengan Instansi Kesehatan Di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta

Rosidah, Anis Fatur (2020) Strategi Lomba Dan Negosiasi Pt. Insan Medika Persada Dalam Menjalin External Relations Dengan Instansi Kesehatan Di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI (ANIS FATUR R. 16071058).docx

Download (95kB)

Abstract

Adanya jasa kesehatan tentunya memberikan manfaat positif bagi masyarakat. Mengembangkan jaringan relasi bagi sebuah perusahaan bukanlah hal yang mudah. Dengan membangun relasi, perusahaan dapat memenuhi kebutuhan yang ada. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana strategi lobi dan negosiasi dalam proses menjalin ekternal relation antara PT. Insan Medika Persada dengan Instansi Kesehatan di wilayah DI. Yogyakarta?”. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan metoe pengumpulan data wawancara (interview), dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data induktif yaitu, suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh kemudian dikembangkan pola hubungan tertentu atau menjadi hipotesis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu public relation, eksternal relations, lobi dan negosiasi. Berdasarkan keseluruhan data yang ada maka kegiatan public relatios penting untuk dilakukan dan kegiatan menjalin relasi keluar (eksternal relation) dapat dilakukan dengan melakukan beberapa kegiatan. Jenis lobi yang efektif digunakan yaitu lobi tradisional dan lobi akar rumput. Terdapat 2 strategi negosiasi yang dianggap efektif untuk menjalankan kerja sama dengan relasi karena kemungkinan lebih besar untuk mendapatkan keuntungan yaitu strategi win-win solution dan lose – win solution.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Kualitatif, pulic relations eksternal relation, strategi lobi dan negosiasi, jasa, Yogyakarta
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 11 Aug 2020 04:56
Last Modified: 28 Jan 2022 01:46
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/9026

Actions (login required)

View Item
View Item