Rosidah, Anis Fatur (2020) STRATEGI LOBI DAN NEGOSIASI PT. INSAN MEDIKA PERSADA DALAM MENJALIN EKSTERNAL RELATIONS DENGAN INTANSI KESEHATAN di WILAYAH DI. YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf
Download (357kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (667kB) | Preview
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (552kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (470kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (363kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (347kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (527kB) | Request a copy
SKRISI ANIS FATUR R (16071058).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Adanya jasa kesehatan tentunya memberikan manfaat positif bagi masyarakat. Mengembangkan jaringan relasi bagi sebuah perusahaan bukanlah hal yang mudah. Dengan membangun relasi, perusahaan dapat memenuhi kebutuhan yang ada. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana strategi lobi dan negosiasi dalam proses menjalin ekternal relation antara PT. Insan Medika Persada dengan Instansi Kesehatan di wilayah DI. Yogyakarta?”. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan metoe pengumpulan data wawancara (interview), dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data induktif yaitu, suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh kemudian dikembangkan pola hubungan tertentu atau menjadi hipotesis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu public relation, eksternal relations, lobi dan negosiasi. Berdasarkan keseluruhan data yang ada maka kegiatan public relatios penting untuk dilakukan dan kegiatan menjalin relasi keluar (eksternal relation) dapat dilakukan dengan melakukan beberapa kegiatan. Jenis lobi yang efektif digunakan yaitu lobi tradisional dan lobi akar rumput. Terdapat 2 strategi negosiasi yang dianggap efektif untuk menjalankan kerja sama dengan relasi karena kemungkinan lebih besar untuk mendapatkan keuntungan yaitu strategi win-win solution dan lose – win solution.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan UMBY Kampus 3 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitatif, pulic relations eksternal relation, strategi lobi dan negosiasi, jasa, Yogyakarta |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 11 Aug 2020 04:58 |
Last Modified: | 11 Aug 2020 04:58 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/9027 |