Strategi Dan Perencanaan Media Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Pada Tahun 2019

Adam, Ainlammim Alawy (2020) Strategi Dan Perencanaan Media Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Pada Tahun 2019. Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi Ainlammim Alawy Adam 17072299.docx

Download (100kB)

Abstract

Pariwisata merupakan asset yang paling penting bagi Pemerintah Kota Yogyakarta, dikarenakan pariwisata adalah salah satu penyumbang terbesar terhadap pendapatan daerah. Kota Yogyakarta yang mempunyai segudang daya tarik wisata mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata kuliner, wisata belanja/ oleh-oleh tidak akan terlepas dari bagaimana peran strategi dan perencanaan media yang menjadi ujung tombak bagi kemajuan kepariwisataan di kota Yogyakarta. Strategi dan perencanaan media ini perlu dibentuk dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan teknologi yang kini semakin maju. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memperoleh fakta-fakta dari gejala-gejala yang ada dan mencari keterangan secara faktual terkait apa saja yang sudah dilakukan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dalam menyikapi strategi dan perencanaan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta membentuk sebuah badan promosi pariwisata kota yogyakarta (BP2KY) yang dibawahi langsung oleh Kepala Dinas. Selain itu, beberapa kegiatan dan strategi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan selalu di upayakan terlaksana sesuai dengan cita-cita dan visi misi Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta yakni terwujudnya Kota Yogyakarta sebagai kota tujuan wisata terkemuka yang bertumpu pada kekuatan dan keunggulan pariwisata lokal serta mampu memperkokoh jati diri, memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat, serta dapat menjadi lokomotif pembangunan Kota Yogyakarta secara menyeluruh. Selanjutnya, upaya-upaya sistematis dan terpadu yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta melalui iklan di beberapa media potensial dengan melakukan strategi dan perencanaan media untuk menggaet pasar pada taraf nasional maupun internasional, guna memenuhi minat kunjung wisatawan baik secara kelompok maupun pribadi masing-masing.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Iklan, Strategi dan Perencanaan Media, Minat Kunjung Wisatawan.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 11 Aug 2020 05:14
Last Modified: 28 Jan 2022 02:04
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/9044

Actions (login required)

View Item
View Item