Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham Pada Sektor Industri Barang Konsumsi Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017 – 2019

Janah, Miftahul (2020) Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham Pada Sektor Industri Barang Konsumsi Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017 – 2019. Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (94kB)

Abstract

Earning Per Share atau laba per lembar saham adalah tingkat keuntungan bersih untuk tiap lembar sahamnya yang mampu diraih perusahaan pada saat menjalankan operasinya. Dividend Payout Ratio merupakan pembagian laba perusahaan kepada para pemegang saham yang besarnya sebanding dengan jumlah lembar saham yang dimiliki. Harga saham merupakan harga yang ditetapkan kepada suatu perusahaan bagi pihak lain yang ingin memiliki hak kepemilikan saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan antara earning per share dan dividen payout ratio terhadap harga saham perusahaan industri barang konsumsi di perusahaan di Bursa Efek Indonesia. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh berdasarkan data sekunder, yaitu data yang diolah oleh Pusat Referensi Pasar Modal Bursa Efek Indonesia. Adapun jumlah perusahaan yang diteliti adalah sebanyak 51 perusahaan Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik analisa data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel earning per share dan dividen payout ratio secara bersama-sama berpengaruh terhadap perubahan harga saham perusahaan. Akan tetapi secara parsial hanya variabel dividend payout ratio yang menunjukkan pengaruh negatif terhadap perubahan harga saham.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Earning Per Share, Dividend Payout Ratio, dan Harga Saham
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 24 Dec 2021 02:18
Last Modified: 02 Feb 2022 07:36
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10088

Actions (login required)

View Item View Item