MEDIA SOSIAL DAN FANATISME:(STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF FANATISME EXO FANDOM DI TWITTER PADA TAHUN 2020)

Masruroh, Syeny Wulandari (2020) MEDIA SOSIAL DAN FANATISME:(STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF FANATISME EXO FANDOM DI TWITTER PADA TAHUN 2020). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (38kB)
[img] Text (Bab Satu)
BAB I.pdf

Download (265kB)
[img] Text (Bab Dua)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (Bab Tiga)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB) | Request a copy
[img] Text (Bab Empat)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (Bab Lima)
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Korea Selatan, melalui Korean Wave, hadir di tengah masyarakat global dengan berbagai macam produk budaya populer seperti drama, musik, film, fashion dan lain sebagainya. Dengan media massa sebagai perantara, produk budaya populer Korea dengan mudah diterima dan digandrungi banyak orang di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Salah satu produk budaya yang terkenal adalah musik populer Korea (K-pop). Keberhasilan K-pop dalam mencuri perhatian masyarakat dunia ini telah memunculkan penggemar fanatik. Fanatisme terhadap K-pop ini ditunjukkan dengan menjadi penggemar suatu group band atau artis tertentu. Penelitian ini berfokus pada EXO-L yang merupakan kelompok penggemar (fandom) dari boygroup EXO, dengan mengkaji bagaimana fanatisme EXO fandom yang tercermin dalam aktivitas interaksi dan produksi pesan yang mereka tampilkan di media sosial twitter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif. Teori yang digunakan adalah teori aktivitas penggemar Michelle L McCudden, (2011). Aktivitas penggemar terbagi menjadi 5 yaitu membuat makna (meaning making), berbagi makna (meaning sharing), berburu (poaching), mengumpulkan (collecting) dan membangun pengetahuan (knowledge building) sebagai kegiatan utama. Aktivitas yang berlebihan di media sosial inilah yang akan menciptakan fanatisme terhadap idolanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Budaya Populer, Penggemar, Media Sosial, Fanatisme
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 07 Mar 2022 00:39
Last Modified: 07 Mar 2022 00:39
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10130

Actions (login required)

View Item View Item