Pengaruh Return On Asset , Return On Equity , Current Ratio Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Harga Saham Perusahaan Industri Semen (Studi Empiris Pada Industri Semen Yang Terdaftar Di Bei Periode 2012-2019)

Sari, Anggun (2020) Pengaruh Return On Asset , Return On Equity , Current Ratio Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Harga Saham Perusahaan Industri Semen (Studi Empiris Pada Industri Semen Yang Terdaftar Di Bei Periode 2012-2019). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi. pp. 1-16.

[img] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI SKRIPSI-dikonversi.docx

Download (120kB)

Abstract

Harga saham merupakan panutan untuk melihat nilai sebuah perusahaan, apabila harga saham suatu perusahaan tergolong ke dalam kriteria yang tinggi maka dapat dikatakan nilai perusahaan tersebut dalam keadaan baik, sebaliknya apabila harga saham perusahaan itu sudah turun maka dapat dikatakan nilai perusahaan tersebut dalam keadaan tidak baik. Tinggi rendahnya harga saham dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya faktor profitabilitas, likuiditas dan solvabilitas. Pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana individu atau perusahaan melakukan investasi saham, harus memastikan bahwa investasi yang dilakukan adalah tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh return on asset (ROA), return on equity (ROE), current ratio (CR) dan debt to equity ratio (DER) terhadap harga saham PT Industri Semen periode tahun 2012-2019. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 4 perusahaan. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan uji asumsi klasik . Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji parsial (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial ROA memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham, ROE memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham, CR memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham dan DER tidak berpengaruh terhadap harga saham. Secara simultan, variabel ROA, ROE, CR, dan DER berpengaruh signifikan terhadap harga saham Perusahaan Industri Semen yang terdaftar di BEI pada tahun 2012-2019.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustkaan Kampus 3
Uncontrolled Keywords: ROA, ROE, CR, DER dan Harga Saham
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 24 Dec 2021 02:12
Last Modified: 02 Feb 2022 07:38
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10175

Actions (login required)

View Item View Item