SIFAT FISIK, KIMIA DAN TINGKAT KESUKAAN BUBUR INSTAN DENGAN VARIASI CAMPURAN BERAS IR 64 (Oryza sativa L.) DAN LABU KUNING (Cucurbita moschata) SERTA SUHU PENGERINGAN

Subagyo, Hendra Adhe (2021) SIFAT FISIK, KIMIA DAN TINGKAT KESUKAAN BUBUR INSTAN DENGAN VARIASI CAMPURAN BERAS IR 64 (Oryza sativa L.) DAN LABU KUNING (Cucurbita moschata) SERTA SUHU PENGERINGAN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (886kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bubur instan sebagai produk pangan cepat saji pengganti nasi yang tinggi kandungan gizi perlu disediakan. Pembuatan bubur instan dilakukan menggunakan campuran beras IR 64 dan labu kuning yang memiliki kandungan gizi tinggi dan memiliki harga yang relatif murah. Bubur instan umumnya dibuat dengan prinsip bubur kental yang dikeringkan dan kemudian dihaluskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi campuran beras IR 64 dan labu kuning serta suhu pengeringan terhadap sifat fisik dan tingkat kesukaan bubur instan, serta menentukan variasi campuran beras IR 64 dan labu kuning serta suhu pengeringan yang tepat sehingga dihasilkan bubur instan dengan sifat fisik dan kimia yang memenuhi syarat serta disukai panelis.
Rancangan percobaan penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Pola Faktorial. Faktor perlakuan pada penelitian ini adalah variasi campuran labu kuning dan beras IR 64 (25%:75%, 50%:50% dan 75%:25%) dan variasi suhu pengeringan (150oC, 160oC dan 170oC). Data yang diperoleh dianalisis secara statistik menggunakan metode Univariate Analysis of Variance dan One Way Anova dengan tingkat kepercayaan 95%.
Hasil penelitian menunjukkan variasi campuran beras IR 64 dan labu kuning serta suhu pengeringan berpengaruh nyata terhadap sifat fisik dan tingkat kesukaan bubur instan. Bubur instan terbaik adalah bubur instan dengan variasi campuran beras IR 64 dan labu kuning (50%:50%) serta suhu pengeringan 160oC yang memiliki kadar air 8,48%, kadar abu 0,09%, kadar protein 11,35%, kadar lemak 0,93%, kadar beta karoten 36,22 µg/g, aktivitas antioksidan 11,50%RSA dan kadar total fenol 9,33 mg EAG/g, sehingga sebagian hasil analisis yang dilakukan telah sesuai standar bubur instan yang dipersyaratkan (SNI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Bubur Instan, Labu Kuning, Beras IR 64, Suhu Pengeringan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: THP UMBY
Date Deposited: 09 Mar 2021 03:34
Last Modified: 09 Mar 2021 03:34
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10618

Actions (login required)

View Item
View Item