Perbedaan Sebelum Dan Sesudah Pengumuman Stock Buyback Terhadap Harga Saham Dan Volume Perdagangan Saham Perusahaan Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Studi Kasus Pada Tahun 2020)

Fatmasari, Ita (2020) Perbedaan Sebelum Dan Sesudah Pengumuman Stock Buyback Terhadap Harga Saham Dan Volume Perdagangan Saham Perusahaan Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Studi Kasus Pada Tahun 2020). Perbedaan Sebelum Dan Sesudah Pengumuman Stock Buyback Terhadap Harga Saham Dan Volume Perdagangan Saham Perusahaan Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Studi Kasus Pada Tahun 2020). pp. 1-21.

[img] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI ITA FATMASARI.docx

Download (69kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah pengumuman stock buyback terhadap harga saham dan volume perdagangan saham pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia berdasarkan peraturan POJK Nomor 2/POJK.04/2013 tata cara stock buyback. Penelitian ini menggunakan average abnormal return dan average trading volume activity untuk menguji perbedaan abnormal return dan trading volume activity sebelum dan sesudah transaksi stock buyback. Penelitian ini menggunakan teori pensinyalan (signalling theory). Populasi penelitian adalah seluruh perusahaan yang melakukan stock buyback tahun 2020. Sampel penelitian sebanyak 31 pengumuman stock buyback dengan kriteria perusahaan melakukan pengumuman buyback, terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia, tidak mengeluarkan pengumuman corporate action pada periode penelitian, tersedia tanggal pengumuman peristiwa stock buyback dan aktif dalam perdagangan saham pada periode jendela. Penelitian ini menggunakan metode event study dengan 10 hari periode jendela, terdiri dari 5 hari sebelum pengumuman dan 5 hari setelah pengumuman stock buyback. Data dianalisis menggunakan Paired Sample Test/Wilcoxon- Signed Rank Test. Penghitungan expected return menggunakan market adjusted model Hasil penelitian menujukan bahwa pengumuman stock buyback menunjukkan tidak terdapat perbedaan average abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman buyback dilaksanakan. Selain itu, pengumuman informasi stock buyback terdapat perbedaan average trading volume activity sebelum dan sesudah pengumuman stock buyback dilaksanakan.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: stock buyback, abnormal return, trading volume activity
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 27 Dec 2021 04:46
Last Modified: 02 Feb 2022 06:49
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/10757

Actions (login required)

View Item View Item