PENGARUH GUIDED IMAGERY TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA SMP

Pertiwi, Elisabeth Melia Putri (2017) PENGARUH GUIDED IMAGERY TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA SMP. Skripsi thesis, Uniiversitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of NASKAH FULL TEXT.pdf] Text
NASKAH FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh guided imagery
terhadap penurunan tingkat kecemasan menghadapi Ujian Nasional pada siswa
SMP. Penelitian ini melibatkan 20 siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 9
Yogyakarta. Data dalam penelitian ini diungkap dengan metode skala. Uji
hipotesis menggunakan analisis Independent Sample T-test dan Paired Sample Ttest. Berdasarkan hasil Independent Sample T-test menunjukkan bahwa ada
perbedaan tingkat kecemasan menghadapi Ujian Nasional yang signifikan antara
siswa kelas IX yang diberi pelatihan guided imagery dengan siswa kelas IX yang
tidak diberi pelatihan guided imagery dengan koefisien perbedaan (nilai t) sebesar
5.120 dengan p = 0,000 (p< 0,010). Kemudian dari hasil analisis Paired Sample
T-test sebagai uji tambahan pada penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis
kelompok eksperimen diperoleh t = 7.450 dengan p = 0,000 (p<0,010), artinya
bahwa ada perbedaan yang signifikan antara skor kecemasan menghadapi Ujian
Nasional sebelum (pretest) dan setelah perlakuan (postest). Sementara pada
kelompok kontrol diperoleh hasil t = 2.090 dan p = 0,066 berarti tidak ada
perbedaan skor kecemasan menghadapi Ujian Nasional sebelum (pretest) dan
setelah perlakuan yaitu skor postest kecemasan menghadapi Ujian Nasional pada
siswa kelas IX yang tidak mendapatkan pelatihan guided imagery. Penelitian ini
menunjukkan bahwa pelatihan guided imagery dapat digunakan sebagai salah satu
cara untuk menurunkan kecemasan menghadapi Ujian Nasional pada siswa kelas
IX Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 9 Yogyakarta.
Kata Kunci: Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional, Pelatihan Guided Imagery,
Siswa kelas IX SMP

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Dra.Indra Ratna Kusuma Wardani, MSi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 15 Nov 2017 07:30
Last Modified: 18 Aug 2022 01:53
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/1093

Actions (login required)

View Item
View Item