Pengaruh Kombinasi Pupuk Ab Mix Dengan Poc Azolla Pinnata Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Selada Sistem Hidroponik Vertikultur

Handayani, Cici (2021) Pengaruh Kombinasi Pupuk Ab Mix Dengan Poc Azolla Pinnata Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Selada Sistem Hidroponik Vertikultur. Naskah Publikasi Program Studi Agroteknologi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.doc

Download (37kB)

Abstract

Hidroponik sistem vertikultur merupakan cara budidaya tanaman secara vertikal tanpa menggunakan media tanah seperti rockwoll dan media tanam lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari macam kombinasi nutrisi secara hidroponik vertikultur terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada dan untuk mengetahui kombinasi yang paling baik untuk selada sistem hidroponik vertikultur. Penelitian ini dilakukan di Yogyakarta pada bulan November sampai Desember 2020. Metode yang digunakan adalah metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan yang pertama yaitu (AB Mix sebagai control) perlakuan kedua (AB Mix dengan POC Azolla pinnata(1:1)), perlakuan ketiga (AB Mix dengan POC Azolla pinnata(1:2)), dan perlakuan keempat (AB Mix dengan POC Azolla pinnata(1:3)). Variabel yang diamati meliputi jumlah daun, tinggi tanaman, bobot segar, bobot kering, bobot ekonomis dan volume akar. Hasil analisis menunjukan bahwa Pertumbuhan tidak dipengaruhi oleh kombinasi perlakuan, hanya hasil dari bobot ekonomis yang terbaik dari kombinasi AB Mix : POC Azolla pinnata 1:0 dengan rata-rata hasil variabel bobot ekonomis 21,06 gram , selanjutnya diikuti dengan perlakuan (AB Mix dengan POC Azolla pinnata(1:1)) dibandingkan dengan perlakuan (AB Mix dengan POC Azolla pinnata(1:2)), (AB Mix dengan POC Azolla pinnata (1:3)).

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Selada, Nutrisi, Hidroponik Vertikultur
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Agroteknologi
Depositing User: Agroteknologi UMBY
Date Deposited: 13 Apr 2021 03:00
Last Modified: 13 Apr 2021 03:00
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11088

Actions (login required)

View Item View Item