Pengaruh Konsentrasi Dan Frekuensi Pemupukan Pupuk Organik Cair Biopras-1 (Bp-1) Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Bawang Merah

Sholehah, Ma’rifatus (2021) Pengaruh Konsentrasi Dan Frekuensi Pemupukan Pupuk Organik Cair Biopras-1 (Bp-1) Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Bawang Merah. Naskah Publikasi Program Studi Agroteknologi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (37kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada bulan September sampai dengan bulan November 2020, di Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai konsentrasi dan frekuensi pemupukan pupuk organik cair Biopras (BP-1) terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah (Allium ascalonicum, L.). Penelitian ini merupakan penelitian faktorial (3 x 2) yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 ulangan. Faktor pertama adalah konsentrasi pupuk organik cair Biopras-1 (BP-1), 3 ml/L, 4 ml/L, dan 5 ml/L. Faktor kedua adalah frekuensi pemupukan, 1 minggu sekali dan 2 minggu sekali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi dan frekuensi pemupukan BP-1 yang berbeda pada tanaman bawang merah tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman namun frekuensi pemupukan berpengaruh terhadap hasil bawang merah. Frekuensi terbaik pemupukan Biopras-1 (BP-1) adalah 1 minggu sekali untuk hasil bawang merah.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Bawang merah, pupuk organik cair, konsentrasi, waktu pengaplikasian
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Agroteknologi
Depositing User: Agroteknologi UMBY
Date Deposited: 27 Apr 2021 03:36
Last Modified: 27 Apr 2021 03:36
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11106

Actions (login required)

View Item View Item