Laporan Pengabdian Kepada Masyarkat Dana Mandiri: Pembuatan Inokulum Padat dari Aspergillus niger untuk Fermentasi Pakan Ternak

Sundari, Sundari (2016) Laporan Pengabdian Kepada Masyarkat Dana Mandiri: Pembuatan Inokulum Padat dari Aspergillus niger untuk Fermentasi Pakan Ternak. Project Report. Program Studi Peternakan Fakultas Agroindustri, Yogyakarta.

[img] Text (Laporan Pengabdian Kepada Masyarkat Dana Mandiri)
11_2016-PEMBUATAN INOKULUM ASPERGILLUS NIGER.pdf

Download (50MB)
[img] Text (Tanda Terima Laporan Pengabdian)
CamScanner 04-12-2021 11.59_2.pdf

Download (160kB)

Abstract

Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan pendapatan, wawasan, pengetahuan dan ketrampilan serta memberikan motivasi akan perubahan perilaku dalam manajemen pengolahan Bungkil Inti Sawit (BIS) menjadi Star-niger. Adapun materi yang digunakan meliputi : Bibit murni Aspergillus niger, tetes tebu, urea, BIS, Bahan pakan (Onggok). Sedangkan alat meliputi: otoklav, panci, kompor gas, cabinet dryer, plastik kemasan. Metode yang digunakan adalah penyuluhan dan demonstrasi pembuatan Inokulum Aspergillus niger (Star-niger). Adapun hasil pengabdian pada masyarakat : Sebagian masyarakat sudah mulai ada perubahan perilaku untuk mulai membuat sendiri inokulum untuk fermentasi pakan. Dengan berjalannya waktu dan meningkatnya ketrampilan untuk membuat Inokulum Aspergillus niger (Star-niger) yang enak dan baik, potensi ini mudah dikembangkan menjadi usaha sampingan guna menambah income keluarga. Namun agar hasil pengabdian ini dapat betul-betul diaplikasi oleh masyarakat perlu terus pemberian motivasi dan pendampingan sampai pemasaran serta inovasi pemanfaatan Inokulum Aspergillus niger (Star-niger) untuk fermentasi pakan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Inokulum, Aspergillus niger, Star-niger, Pakan, Fermentasi.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Depositing User: Peternakan UMBY
Date Deposited: 09 Apr 2021 03:43
Last Modified: 28 Apr 2021 15:54
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11221

Actions (login required)

View Item View Item