Laporan Akhir Pengabdian Masyarakat: PKM Desa Argomulyo: Produksi Bakso Fungsional Daging Itik yang Dicuring Nanokapsul Jus Kunyit dan Perbaikan Manajemen Usaha Guna Peningkatan Kapasitas Usaha di Kelompok Antik Mulya

Sundari, Sundari and Susiati, Anastasia Mamilisti and Setiyoko, Agus (2020) Laporan Akhir Pengabdian Masyarakat: PKM Desa Argomulyo: Produksi Bakso Fungsional Daging Itik yang Dicuring Nanokapsul Jus Kunyit dan Perbaikan Manajemen Usaha Guna Peningkatan Kapasitas Usaha di Kelompok Antik Mulya. Project Report. Program Studi Peternakan Fakultas Agroindustri, Yogyakarta.

[img] Text (Laporan Akhir Pengabdian Masyarakat)
16_2020_laporan_akhir PKM-Bakso.pdf

Download (7MB)
[img] Text (Tanda Terima Laporan Pengabdian)
CamScanner 04-12-2021 11.59_10.pdf

Download (177kB)

Abstract

Dusun Samben salah satu dari 14 dusun di Argomulyo, sebagian warganya beternak itik (kelompok peternak itik Lestari Mulyo dan ibu-ibu Rumah Tangga tergabung dalam kelompok Boga “Antik Mulya”). Pada saat ini banyak konsumen yang sudah mulai beralih memilih produk yang berkualitas (bukan lagi kuantitas), mulai ngetrend kuliner daging itik yang berlemak/ kolesterol rendah. Soal harga bukanlah menjadi persoalan utama. Ini tantangan baru bagi industri peternakan. Daging itik memiliki kelemahan seperti rendahnya tingkat perdagingan dengan kandungan lemak yang tinggi (terutama lemak bawah kulit, plus sedikit bau apek) jika dibandingkan dengan ayam pedaging. Kandungan lemak pada itik yaitu 8,2%, angka ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan ayam pedaging yaitu 4,8%[1], maka diperlukan suatu inovasi produksi agar itik mampu menghasilkan kuantitas dan kualitas daging yang lebih baik agar diterima oleh konsumen. Banyak masalah yang dihadapi peternak seperti kurangnya pengetahuan dan ketrampilan dalam pembuatan pakan dan manajemen usaha (kesehatan). Perlunya penyelesaian masalah tersebut agar masyarakat dapat merencanakan dan mengembangkan usaha ternaknya kedepan sehingga dapat meningkatkan kapasitas usaha / pendapatan peternak. Solusi yang ditawarkan: Pelatihan dan penyuluhan p r o d u k si ( pembuatan pakan ternak dengan aditif pakan nanokapsul kunyit) memberikan teknologi tepat guna dalam menghasilkan pakan ternak dari bahan lokal yang lebih sehat dan mengurangi penggunaan pakan ternak yang berasal dari pabrik yang mengandung antibiotik sintetis. Oleh karena itu, pelatihan dan penyuluhan pembuatan pakan ternak dapat mengurangi biaya pakan ternak dan dapat meningkatkan ketahanan itik terhadap penyakit dan perubahan cuaca juga kualitas produk karkas/daging yang lebih sehat rendah kolesterol dan variasi produk (dibuat bakso daging itik f u n gs i o n a l rendah kolesterol) sehingga meningkatkan nila i penjua l an d a n pendapatan peternak. Disamping itu, adanya pelatihan manajemen usaha terutama kesehatan (sanitasi dan vaksinasi) ternak serta pembukuan keuangan akan menambah wawasan dan ketrampilan bagi peternak sehingga dapat meningkatkan kemampuan peternak untuk efisiensi. Target luaran yang di hasilkan adalah :1). artikel submit pada jurnal pengabdian dan pemberdayaan masyarakat (JPPMP-UMP dan artikel di semnas Univ-Ciputra. 2). Publikasi pada media cetak Koran Merapi (Kedaulatan Rakyat Group, Yogyakarta, 3). Rekaman video pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4). Adanya peningkatan yang signifikan pada keberdayaan mitra yaitu: pengetahuan, manajemen dan ketrampilan mitra.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Bakso_Fungsional, Daging_Itik, Na no ka psu l_Kunyit, PKM, De s a_Argom ul yo
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Depositing User: Peternakan UMBY
Date Deposited: 09 Apr 2021 03:47
Last Modified: 28 Apr 2021 16:18
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11231

Actions (login required)

View Item View Item