PENGARUH PELATIHAN GOAL SETTING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA TAMAN MADYA IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA

Diwangkoro, Mathhias Pamoso (2017) PENGARUH PELATIHAN GOAL SETTING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA TAMAN MADYA IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img] Text
COVER dan LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT FINAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan goal setting untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah tingkat motivasi belajar pada siswa setelah diberikan pelatihan goal setting lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat motivasi belajar pada siswa sebelum diberikan pelatihan goal setting. Penelitian ini dilakukan kepada lima (5) orang siswa kelas X SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Tidak terdapat kelompok kontrol dalam penelitian ini, sehingga lima siswa tersebut mendapatkan pelatihan goal setting. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Hasil analisis data menggunakan Teknik analisis data Wilcoxon matched pairs signed-ranks test menunjukkan nilai Z yang didapat sebesar -2,032 dengan p value (Asymp. Sig 1 tailed) = 0,021 (p = <0,05). Hasil tersebut mengindikasikan adanya perbedaan tingkat motivasi belajar pada siswa yang signifikan antara sebelum diberikan pelatihan goal setting dan setelah diberikann pelatihan goal setting. Skor motivasi belajar subjek sebelum diberikan pelatihan lebih rendah (Mean = 82,60) dibandingkan dengan skor motivasi belajar subjek setelah diberikan pelatihan goal setting (Mean = 91,80). Hasil ini menunjukkan bahwa pelatihan goal setting dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Kata kunci: Motivasi Belajar, Pelatihan Goal Setting, Siswa Kelas X

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Dr. Rahma Widyana, M.Si., Psikolog
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 28 Nov 2017 04:38
Last Modified: 28 Nov 2017 04:38
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/1129

Actions (login required)

View Item View Item