Correlation Of Social Competence And Cyberbullying Behavior On Instagram’s User Among Students In Yogyakarta

Nurfalaq, Annisa Citra (2021) Correlation Of Social Competence And Cyberbullying Behavior On Instagram’s User Among Students In Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi. pp. 1-14.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI_ANNISA CITRA NURFALAQ_15081202.docx

Download (38kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kompetensi sosial dengan perilaku cyberbullying pada siswa SMA pengguna Instagram di Yogyakarta. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif antara kompetensi sosial dengan cyberbullying pada siswa SMA pengguna Instagram di Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA yang bersekolah di Yogyakarta. Subjek penelitian berjumlah 200 siswa. Data dikumpulkan menggunakan Skala Perilaku Cyberbullying dan Skala Kompetensi Sosial yang disebarkan melalui Google Form. Data dianalisis menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai korelasi sebesar -0.757 (p < 0.01). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan negative yang signifikan antara kompetensi sosial dengan perilaku cyberbullying. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0.573 yang berarti kompetensi sosial memiliki kontribusi 57.3% terhadap kecenderungan rendahnya cyberbullying pada siswa SMA pengguna Instagram dan sisanya 42.7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: kompetensi sosial, cyberbullying, bullying.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 10 Sep 2021 03:48
Last Modified: 10 Sep 2021 03:48
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11349

Actions (login required)

View Item View Item