PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MULTISENSORI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRA MEMBACA PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH

Simanjuntak, Githa Mediana Br (2021) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MULTISENSORI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRA MEMBACA PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (362kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of TESIS FULL TEKS] Text (TESIS FULL TEKS)
TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pra membaca adalah salah satu tahap dari membaca permulaan, yang merupakan tahap pengenalan huruf alphabet A-Z, dan kemudian menggabungkan menjadi suku kata agar mempermudah anak dalam memulai membaca. Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan pra membaca adalah metode multisensori. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh metode pembelajaran multisensori dalam meningkatkan kemampuan pra membaca pada anak usia pra-sekolah. Subjek penelitian berjumlah 12 siswa kelas TK A, yang dikelompokkan dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes prestasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pengujian menggunakan independent sample t-test ditemukan nilai t sebesar 3,766 (p< 0,05), dengan perbedaan rata-rata kelompok sebesar 16,167, yang artinya ada perbedaan kemampuan pra membaca yang signifikan antara kelompok yang diberi metode multisensori dengan tidak diberi metode multisensori. Selain itu, pada hasil pengujian menggunakan paired sample t-test ditemukan bahwa nilai t sebesar 6,403 (p< 0,05), dengan perbedaan rata-rata kelompok sebesar 14,167, yang artinya ada peningkatan kemampuan pra membaca yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan metode pembelajaran multisensori. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode multisensori merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan kemampuan pra membaca pada anak usia pra sekolah. Diharapkan, peneliti selanjutnya dapat melakukan follow up sesudah dilakukan post test.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pra Membaca, Multisensori, Pra Sekolah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi
Depositing User: Magister Psikologi Profesi UMBY
Date Deposited: 29 Jun 2021 03:31
Last Modified: 29 Jun 2021 03:31
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11382

Actions (login required)

View Item
View Item