Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan Dan Penerapan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Menyampaikan Surat Pemberitahuan Tahunan Badan Tahun 2018 (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Yogyakarta)

Apriliani, Ida Putri (2021) Pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan Dan Penerapan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Menyampaikan Surat Pemberitahuan Tahunan Badan Tahun 2018 (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Yogyakarta). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI SKRIPSI IDA PUTRI APRILIANI.docx

Download (157kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh modernisasi sistem administrasi perpajakan dan penerapan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan Wajib Pajak dalam menyampaikan Surat Pemberitahuan Badan Tahun 2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif untuk mengetahui pengaruh modernisasi sistem administrasi perpajakan dan penerapan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak studi kasus pada wajib pajak yang terdaftar di KPP Pratama Yogyakarta. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 wajib pajak yang melakukan kegiatan usaha yang terdaftar di KPP Pratama Yogyakarta dengan teknik convenience sampling. Data yang diambil berdasarkan hasil kuesioner yang diisi oleh responden dan dianalisa dengan menggunakan uji normalitas, uji multikolienaritas, uji heterosdekastisitas, dan uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda dan uji t dengan bantuan program SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modenisasi sistem administrasi perpajakan berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Sehingga diketahui nilai signifikan ≤ 0,05, yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel (5,585 > 1,985). Sedangkan penerapan sanksi perpajakan berpengaruh negatif terhadap kepatuhan wajib pajak. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,639. Sehingga diketahui nilai signifikan > 0,05, yaitu 0,639 > 0,05 dan nilai t hitung lebih kecil daripada nilai t tabel (0,471 < 1,985).

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: modernisasi sistem administrasi perpajakan, sanksi perpajakan, kepatuhan wajib pajak
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 20 Sep 2021 04:06
Last Modified: 20 Sep 2021 04:06
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11580

Actions (login required)

View Item View Item