Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Terhadap Integritas Laporan Keuangan (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019)

Kurniawati, Ari (2021) Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Terhadap Integritas Laporan Keuangan (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI ARI KURNIAWATI 17061147.docx

Download (151kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Mekanisme Corporate Governance terhadap Integritas Laporan Keuangan. Variabel independen yang digunakan adalah Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Komisaris Independen, dan Komite Audit. Variabel dependen yang digunakan adalah Integritas Laporan Keuangan. Populasi dalam penelitian adalah perusahaan manufaktur sektor industri sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019. Sedangkan sampel dalam penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh 15 perusahaan sampel. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Metode analisis dalam penelitian menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa pada perusahaan manufaktur sektor industri sub sektor makanan dan minuman (1) Kepemilikan Institusional tidak berpengaruh terhadap Integritas Laporan Keuangan, (2) Kepemilikan Manajerial berpegaruh negatif terhadap Integritas Laporan Keuangan, (3) Komisaris Independen berpengaruh positif terhadap Integritas Laporan Keuangan, dan (4) Komite Audit berpengaruh positif terhadap Integritas Laporan Keuangan.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Komisaris Independen, Komite Audit, Integritas Laporan Keuangan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 22 Jun 2021 03:36
Last Modified: 22 Jun 2021 03:36
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11697

Actions (login required)

View Item View Item