Pengaruh Tingkat Penyangraian Kopi Dan Penambahan Bubuk Serai Terhadap Warna, Aktivitas Antioksidan, Dan Tingkat Kesukaan Kopi Celup

Fatimah, Anna Siti (2021) Pengaruh Tingkat Penyangraian Kopi Dan Penambahan Bubuk Serai Terhadap Warna, Aktivitas Antioksidan, Dan Tingkat Kesukaan Kopi Celup. Naskah Publikasi Teknologi Hasil Pertanian.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (56kB)

Abstract

Konsumsi kopi di Indonesia cenderung mengalami peningkatan setiap tahun. Kopi bubuk merupakan kopi yang cukup populer di masyarakat, namun memiliki kekurangan yaitu meninggalkan ampas. Inovasi yang dapat dilakukan untuk mengurangi ampas seduhan kopi bubuk adalah dengan membuat produk kopi celup. Selain itu, penambahan rempah pada kopi dapat meningkatkan nilai produk dan memberikan dampak bagi kesehatan. Salah satu rempah yang dapat ditambahkan pada kopi yaitu serai. Serai dikenal sebagai tanaman yang memiliki antioksidan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat penyangraian kopi dan konsentrasi penambahan bubuk serai terhadap warna, aktivitas antioksidan, dan tingkat kesukaan kopi serai celup. Prosedur penelitian meliputi pembuatan kopi serai celup dengan variasi tingkat penyangraian kopi dan konsentrasi penambahan bubuk serai. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 faktor yaitu tingkat penyangraian kopi (light, medium, dan dark roast) dan konsentrasi bubuk serai (2%, 4%, dan 6%). Kopi serai yang dihasilkan dianalisis warna, aktivitas antioksidan, dan uji tingkat kesukaan. Data yang diperoleh berdasarkan hasil pengujian diolah dan dianalisis menggunakan ANOVA, apabila terdapat perbedaan nyata dilanjutkan uji DMRT (Duncan Multiple Range Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa tingkat penyangraian kopi dan penambahan bubuk serai berpengaruh nyata terhadap warna, aktivitas antioksidan, dan tingkat kesukaan kopi serai celup. Kopi serai celup dengan tingkat penyangraian medium dan penambahan bubuk serai sebanyak 6% merupakan perlakuan yang disukai. Kopi serai celup dengan perlakuan tersebut memiliki lightness (L*) 37,74; redness (a*) 5,44; yellowness (b*) 21,92; dan aktivitas antioksidan 60,40% RSA.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: kopi celup, serai, tingkat penyangraian
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: THP UMBY
Date Deposited: 14 Jun 2021 02:11
Last Modified: 14 Jun 2021 02:11
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11771

Actions (login required)

View Item View Item