Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Kematangan Karier Pada Mahasiswa S1 Tingkat Akhir Di Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Fauzi, Muhammad Himawan (2021) Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Kematangan Karier Pada Mahasiswa S1 Tingkat Akhir Di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi_17081402_Muhammad Himawan Fauzi_R13.docx

Download (45kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan kematangan karier pada mahasiswa S1 tingkat akhir di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan kematangan karier pada mahasiswa S1 tingkat akhir di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah 60 mahasiswa S1 tingkat akhir di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Cara pengambilan subjek dengan menggunakan metode voluntary sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala Likert. Metode analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dari Karl Pearson. Berdasarkan hasil penelitian hubungan antara kecerdasan emosional dengan kematangan karier, diperoleh koefisien korelasi (rxy) = 0.493 dengan p = 0,000 (p < 0,050) yang berarti ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan kematangan karier. Nilai koefisien determinasi R squared (R²) sebesar = 0.243 menunjukkan bahwa variable kecerdasan emosional memiliki kontribusi sebesar 24.3% terhadap kematangan karier pada mahasiswa S1 tingkat akhir dan sisanya 75.7% dipengaruhi faktor-faktor lain.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, kematangan karier, mahasiswa S1 tingkat akhir
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 14 Jan 2022 05:21
Last Modified: 14 Jan 2022 05:21
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12778

Actions (login required)

View Item View Item