Sistem Pemilihan Laptop Berdasarkan Kriteria Kebutuhan Dengan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (Smart) (Studi Kasus: Toko Laptop Guard Yogyakarta)

Setiawan, Herli (2021) Sistem Pemilihan Laptop Berdasarkan Kriteria Kebutuhan Dengan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (Smart) (Studi Kasus: Toko Laptop Guard Yogyakarta). Sistem Pemilihan Laptop Berdasarkan Kriteria Kebutuhan Dengan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (Smart) (Studi Kasus: Toko Laptop Guard Yogyakarta). pp. 1-12. (Unpublished)

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (307kB)

Abstract

Dalam proses perdagangan yang terjadi pada Toko Laptop Guard khususnya penjualan laptop, terdapat satu masalah dalam proses pemilihan laptop dimana customer masih bingung menentukan spesifikasi laptop sesuai kebutuhan terkadang hal itu memakan waktu yang cukup lama. Salah satu sistem yang dapat membantu adalah sistem pendukung keputusan dengan metode simple multi attribute rating technique dimulai dari penentuan kriteria, memberikan bobot kriteria, melakukan normalisasi bobot kriteria, penentuan sub kriteria, memberikan bobot sub kriteria, penentuan nilai utility, menghitung nilai total dan penarikan kesimpulan berupa perangkingan atau rekomendasi akhir. adapun kriteria nya adalah jurusan kuliah, merk, aplikasi, processor dan harga. Hasil dari penelitian ini akan memberikan saran laptop yang sesuai dengan kebutuhan dengan tingkat akurasi perhitungan kebutuhan. Hasil uji coba akurasi sistem yang telah dibuat dengan perhitungan yang saat ini dilakukan oleh perusahaan dengan menggunakan sampel data sebanyak 50 data menghasilkan output 100% sesuai dan 0% tidak sesuai. Dalam Penelitian ini laptop Asus memiliki persentase pemilihan terbanyak 60%, Acer 34% dan Lenovo 6%.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Laptop, Sistem Pendukung Keputusan, SMART.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Teknik Informatika UMBY
Date Deposited: 14 Jan 2022 06:23
Last Modified: 14 Jan 2022 06:23
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12828

Actions (login required)

View Item View Item