Pengaruh Abu Boiler Kelapa Sawit Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Kedelai (Glycine max (L.) Merill) Pada Tanah PMK (Pedsolik Merah Kuning)

Nugraha, Amanda Adjie (2021) Pengaruh Abu Boiler Kelapa Sawit Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Kedelai (Glycine max (L.) Merill) Pada Tanah PMK (Pedsolik Merah Kuning). Naskah Publikasi Program Studi Agroteknologi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (55kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk untuk mengetahui pengaruh abu boiler kelapa sawit terhadap pertumbuhan dan hasil kedelai pada tanah pedsolik merah kuning (PMK). Penelitian ini dilaksanakan di Sumatra Barat, Kabupaten Pasaman Barat, Kecamatan Sungai Aur, pada bulan Desember 2020 - Maret 2021. Tempat penelitian berada pada ketinggian 13 meter di atas permukaan laut (mdpl). Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL). Yang terdiri dari perlakuan penambahan abu boiler kelapa sawit 0g, 100g, 150g, 200g, 250g, dan 300g. Hasil analisis menunjukan bahwa pemberian abu boiler kelapa sawit pada kedelai tidak berpengaruh secara nyata pada pertumbuhan dan hasil kedelai, namun pada variabel ph tanah pemberian abu boiler memberikan pengaruh nyata, sedangkan pemberian berbagai macam dosis abu boiler tidak memberikan pengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan hasil pada kedelai, namun pada dosis 300g memberikan pertumbuhan dan hasil yang paling optimal di bandingkan pemberian dosis yang lain.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Kedelai, Takaran, Abu boiler kelapa sawit, Tanah pedsolik merah kuning (PMK), Ph tanah
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Agroteknologi
Depositing User: Agroteknologi UMBY
Date Deposited: 07 Oct 2021 03:41
Last Modified: 07 Oct 2021 03:41
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12879

Actions (login required)

View Item View Item