Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Cair Urine Sapi Terhadap Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica Rapa L.) Dengan Hidroponik Sistem Wick

Ramadhan, Azhar (2021) Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Cair Urine Sapi Terhadap Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica Rapa L.) Dengan Hidroponik Sistem Wick. Naskah Publikasi Program Studi Agroteknologi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI-AZHAR RAMADHAN-17011002.docx

Download (38kB)

Abstract

Tanaman pakcoy dapat tumbuh pada dataran rendah sampai dataran tinggi dengan ketingian 5-1.200 m diatas permukaan laut (dpl). Salah satu sistem hidroponik yang sederhana ialah sistem wick dalam sistem hidroponik ini larutan nutrisi ditarik ke media tanam dari bak/tangki penampungan melalui sumbu. Pupuk organik yang dapat mengganti pupuk anorganik sebagai sumber nutrisi antara lain adalah pupuk organik cair (POC). Pemanfaatan POC urine sapi sebagai pupuk organik cair diharapkan dapat menjadi pengganti aternatif pupuk anorganik sebagai nutrisi yang digunakan dalam sistem hidroponik. Penelitian dilaksanakan di Hands Hidroponik Desa Sumbersari, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Seleman yang memiliki ketinggian tempat 143 m dpl. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret-April 2021. Penelitian ini merupakan penelitian faktor tunggal yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan, masing-masing terdiri dari 10 tanaman. Perlakuan A0 = AB Mix 1200 ppm, A1 = Pupuk Organik Cair Urin Sapi 1000 ppm, A2 = Pupuk Organik Cair Urin Sapi 1200 ppm, A3 = Pupuk Organik Cair Urin Sapi 1400 ppm, A4 = Pupuk Organik Cair Urin Sapi 1600 ppm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian POC urine sapi terhadap pertumbuhan dan hasil pakcoy memberikan pengaruh nyata dan konsentrasi POC urine sapi yang terbaik pada 1600 ppm.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: : hidroponik, pupuk organik cair, tanaman pakcoy, urine sapi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Agroteknologi
Depositing User: Agroteknologi UMBY
Date Deposited: 07 Oct 2021 03:37
Last Modified: 07 Oct 2021 03:37
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12899

Actions (login required)

View Item View Item