Pengaruh Pemberian Tepung Kunyit Terhadap Berat Dan Persentase Karkas, Bagian-Bagian Karkas, Dan Lemak Abdominal Kalkun (Meleagris Gallopavo)

Saputra, Agung Eko (2021) Pengaruh Pemberian Tepung Kunyit Terhadap Berat Dan Persentase Karkas, Bagian-Bagian Karkas, Dan Lemak Abdominal Kalkun (Meleagris Gallopavo). Naskah Publikasi Program Studi Peternakan.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (58kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung kunyit dalam ransum terhadap berat dan persentase karkas, bagian-bagian karkas serta lemak abdominal kalkun (Meleagris gallopavo). Penelitian dilaksanakan di Dusun Pundak Tegal, Kembang, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Laboratorium Produksi Ternak, Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Penelitian ini telah dilakukan mulai dari 20 Januari – 16 Maret 2020. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola searah, perlakuan yang digunakan terdiri dari 3 level yaitu P1 (kontrol/tanpa penambahan tepung kunyit), P2 (dengan penambahan tepung kunyit 0,5% dari ransum) dan P3 (dengan penambahan tepung kunyit 1% dari ransum), masing–masing perlakuan diulang 3 kali. Data dianalisis menggunakan Analysis of Variance (ANOVA), variabel yang diamati yaitu berat potong, berat dan persentase karkas, dada, punggung, sayap, paha, dan lemak abdominal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian tepung kunyit (Curcuma domestica) dalam ransum berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap berat dan persentase karkas, bagian-bagian karkas, namun dapat menurunkan berat dan persentase lemak abdominal kalkun (Meleagris gallopavo). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian tepung kunyit (Curcuma domestica) dalam ransum dengan level pemberian 0%, 0,5%, dan 1% tidak berpengaruh terhadap berat dan persentase karkas, bagian-bagian karkas, namun dapat menurunkan berat dan persentase lemak abdominal kalkun (Meleagris gallopavo).

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Kalkun, karkas, bagian-bagian karkas, tepung kunyit.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Peternakan
Depositing User: Peternakan UMBY
Date Deposited: 07 Oct 2021 03:12
Last Modified: 07 Oct 2021 03:12
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12903

Actions (login required)

View Item View Item