Prototipe Sistem deteksi masker dan Suhu Tubuh Untuk Covid-19 menggunakan Metode Algoritma Local Binary Pattern (LBP) Dan Arduino Nano Secara Real-Time

Dewi, Ine Shinta (2021) Prototipe Sistem deteksi masker dan Suhu Tubuh Untuk Covid-19 menggunakan Metode Algoritma Local Binary Pattern (LBP) Dan Arduino Nano Secara Real-Time. Naskah Publikasi Studi Sistem Informasi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.doc

Download (8MB)

Abstract

Pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung telah merubah gaya hidup semua orang di seluruh dunia. Dalam perubahan itu memakai masker sangatlah penting bagi setiap individu. Deteksi orang yang tidak memakai masker merupakan tantangan karena wabah pandemi Coronavirus telah menciptakan berbagai populasi yang besar. Selain itu deteksi suhu tubuh juga sangat penting karena salah satu gejala penyakit covid19 adalah suhu tubuh yang tinggi, oleh karena itu metode efektif melawan virus adalah dengan menggunakan masker wajah dan mengecek suhu tubuh secara real time, dan yang akan menjadi fokus utama dalam prototipe ini adalah bagaimana Algoritma LBP dapat mendeteksi penggunaan masker dan rancangan Arduino Nano dengan kamera infrared untuk mengukur suhu tubuh yang dapat diimplementasikan ditempat umum sebagai alat pemindaian digital. Prototipe pengujian ini bertujuan untuk dapat digunakan dalam membuat evaluasi, pencegahan, dan perencanaan tindakan terhadap COVID-19 dan menjaga jarak antara petugas dan masyarakat di lingkungan tempat wajib masker dan suhu tubuh normal. Langkah-langkah untuk membangun model yaitu dengan mengumpulkan data, pra-pemrosesan, menguji model, dan mengimplementasikan model. Hasil dari pengujian prototipe ini menunjukan tingkat akurasi skor F1 0.99 untuk deteksi masker dan pengukuran suhu tubuh secara real time setiap detik dengan satuan derajat celcius (C) dengan rata-rata presentasse error tertinggi 3.10% pada jarak 4 meter.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Computer vision, Face mask detection, tensorflow, opencv, keras, Arduino Nano
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Sistem Informasi
Depositing User: Sistem Informasi UMBY
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:44
Last Modified: 18 Jan 2022 07:13
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12959

Actions (login required)

View Item View Item