Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan Pada Masa Kondisi Kedaruratan Covid-19 (Studi Empiris Pada Perusahaan Asuransi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

Mardiana, Dita (2021) Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan Pada Masa Kondisi Kedaruratan Covid-19 (Studi Empiris Pada Perusahaan Asuransi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI_DITA MARDIANA_18062283.docx

Download (44kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intellectual capital terhadap nilai perusahaan. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Value Added Capital Employed (VACA), Value Added Human Capital (VAHU), Structural Capital Value Added (STVA), dan intellectual capital (VAIC ™). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan asuransi yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) triwulan 1-3 tahun 2020. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel terpilih dalam penelitian ini sebanyak 14 dari 16 sampel perusahaan. Alat statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS 20.0. Analisis Regresi Berganda dan sederhana digunakan sebagai alat analisis untuk melihat pengaruh dari setiap variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Value Added Capital Employed (VACA) tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Value Added Human Capital (VAHU) tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Structural Capital Value Added (STVA) berpengaruh signifikan dan positif terhadap nilai perusahaan. Intellectual capital(VAIC ™) tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Nilai Perusahaan, Added Capital Employed (VACA), Value Added Human Capital (VAHU), Structural Capital Value Added (STVA), dan Intellectual capital(VAIC ™).
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 06 Jan 2022 04:34
Last Modified: 21 Jan 2022 04:11
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/13130

Actions (login required)

View Item View Item