Analisis Penerapan Psak No. 27 Tentang Akuntansi Perkoperasian Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (Kpri) Kartika Sembada Yogyakarta ( Studi Kasus Di Koperasi Kartika Sembada Yogykarta)

Hasanah, Nadya Prisnur (2021) Analisis Penerapan Psak No. 27 Tentang Akuntansi Perkoperasian Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (Kpri) Kartika Sembada Yogyakarta ( Studi Kasus Di Koperasi Kartika Sembada Yogykarta). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NADYA PRISNUR HASANAH_17061198_NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (227kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Koperasi Kartika Sembada Yogyakarta menerapkan PSAK No. 27 tentang Akuntansi Perkoperasian dalam penetapan unsur-unsur dan penyajian laporan keuangannya sehingga dapat diketahui peranan PSAK No. 27 sebagai suatu standar yang digunakan dalam menjalankan fungsi dan kegiatan koperasi.
Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif komparatif yaitu analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan antara teori-teori yang telah ada dengan data-data yang didapat dari studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara yaitu teknik wawancara dan teknik dokumentasi.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa secara umum perusahaan telah menerapkan PSAK No.27 dalam penyajian laporan keuangannya meskipun dalam beberapa hal harus ada perbaikan dalam pola penyajiannya. Hal ini dapat dilihat dari penyajian laporan keuangan koperasi. Dari data yang diperoleh diketahui bahwa koperasi telah membuat setidaknya tiga dari lima unsur-unsur laporan keuangan yang lengkap dari koperasi yaitu : Neraca, Perhitungan Hasil Usaha, dan Catatan Atas Laporan Keuangan. Dimana koperasi seharusnya juga membuat Laporan Arus Kas dan Laporan Promosi Ekonomi Anggota.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Sisa Hasil Usaha, Anggota, Simpanan Pokok, Simpanan Wajib
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 11 Jan 2022 02:54
Last Modified: 19 Jan 2022 06:38
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/13317

Actions (login required)

View Item
View Item