Aplikasi Teknis Sinkronisasi Berahi Terhadap Kinerja Reproduksi Sapi (Po) Dalam Program (Upsus Siwab) Di Kecamatan Semin Kabupaten Gunungkidul

Kusuma, Radian Bangkit Ina Candra (2021) Aplikasi Teknis Sinkronisasi Berahi Terhadap Kinerja Reproduksi Sapi (Po) Dalam Program (Upsus Siwab) Di Kecamatan Semin Kabupaten Gunungkidul. Naskah Publikasi Program Studi Peternakan.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan Inseminasi Buatan yang menggunakan teknis sinkronisaasi birahi dalam proggram UPSUS SIWAB terhadap Service perconception (S/C), Conception Rate (CR), Non Return Rate (NRR), dan Angka Kebuntingan di Kecamatan Semin Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 25 November sampai dengan 15 Desember 2020. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode survei terhadap 98 responden, data di ambil dari Dinas Peternakan Kabupaten Gunungkidul. Data ditabulasi dan di rata-rata, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata umur peternak 53,25 tahun, tingkat pendidikan peternak; tidak sekolah 13%, SD 11%, SMP 22%, SMA/SMK 54%, Pengalaman Beternak rata-rata 19,54 tahun, pekerjaan pokok sebagian besar sebagai Petani 78%. Capaian Keberhasilan IB dalam teknis Sinkronisasi Berahi di Kecamatan Semin, S/C 1,82, CR 33,5%, dan NRR 66,5. Angka kebuntingan menggunakan aplikasi teknis sinkronisasi berahi di Kecamatan Semin tahun 2016-2018 adalah 33,50%. Disimpulkan bahwa aplikasi teknis sinkronisasi berahi belum memberikan efek positif terhadap capaian kinerja reproduksi sapi PO di Kecamatan Semin Kabupaten Gunungkidul.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Sapi PO, Sinkronisasi Berahi, Angka Kebuntingan, Tingkat Keberhasilan.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Peternakan
Depositing User: Peternakan UMBY
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:32
Last Modified: 19 Jan 2022 03:32
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/13797

Actions (login required)

View Item View Item