KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 KALIBAWANG

Suharyanti, Suharyanti (2021) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 KALIBAWANG. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (104kB)
[img] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (112kB)
[img] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULL SUHARYANTI 17141011.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kesulitan memahami konsep matematika merupakan salah salah satu kendala yang dialami oleh siswa dalam pembelajaran secara e-learning. Kesulitan yang ada dalam mata pelajaran matematika menuntut kreativitas guru mata pelajaran matematika untuk mengembangkan pembelajarannya, baik dalam hal metode maupun media yang digunakan. Hal inilah yang melatar belakangi penulis untuk penelitian tentang model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis e-learning terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Kalibawang. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasisi e-learning terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Kalibawang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experimental desain dengan tipe non-equivalent control group design. Implementasi model Problem Based Learning (PBL) menggunakan google classroom sebagai media e-learning. Sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ceramah tatap muka, namun karena adanya pandemik COVID-19 sehingga digunakan data sekunder tahun ajaran 2019/2020. Untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis e-learning terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Kalibawang digunakan uji independent sample t-test. Hasil uji hipotesisi menunjukan bahwa thitung adalah 2,322 sedangkan ttabel yaitu 1,998 pada taraf nyata 0,05 dimana thitung > ttabel. Sehinga diperoleh bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis e-learning efektif terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Kalibawang. Dikarenakan keterbatasan materi dan variabel pada penelitian ini sehingga diharapkan agar penelitian yang akan datang untuk memperluas materi dan variabel dalam penelitian yang selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Problem Based Learning, E-learning
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:54
Last Modified: 19 Jan 2022 03:54
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14143

Actions (login required)

View Item View Item