PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI SEGITIGA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP KELAS VII

Triani, Ni Nyoman (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI SEGITIGA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP KELAS VII. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (309kB)
[img] Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (141kB)
[img] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB) | Request a copy
[img] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (292kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis android menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada materi segitiga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP kelas VII yang dilihat dari kriteria valid, praktis, dan efektif dengan permainan ular tangga matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Sedayu kelas VII D. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran matematika berbasis android menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada materi segitiga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP kelas VII telah memenuhi: (1) Aspek valid melalui hasil validasi ahli materi dengan skor 64 yang dikategorikan sangat baik pada kriteria serta hasil validasi ahli media dengan skor 64 yang dikegorikan sangat baik pada kriteria (2) Aspek praktis melalui uji coba media pembelajaran matematika berbasis android terhadap 28 siswa dengan hasil angket respon siswa dengan skor 1.053 yang dikategorikan baik pada kriteria (3) Aspek efektif melalui peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 7% dari 73% menjadi 80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis android layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan berdampak positif terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Android, Teams Games Tournament (TGT), Segitiga, Motivasi Belajar
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 20 Jan 2022 02:58
Last Modified: 20 Jan 2022 02:58
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14179

Actions (login required)

View Item View Item