Laporan Akhir Pengabdian Pada Masyarakat: Peningkatan Produktivitas Ayam Kampung Pada Kelompok Ternak Lorejo (Penguatan Ketahanan Pangan Pandemi Covid 19)

Suwarta, Fransiscus Xaverius and Lukman, Amien and Suryani, Lilis (2021) Laporan Akhir Pengabdian Pada Masyarakat: Peningkatan Produktivitas Ayam Kampung Pada Kelompok Ternak Lorejo (Penguatan Ketahanan Pangan Pandemi Covid 19). Project Report. Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text (Laporan Akhir Pengabdian Pada Masyarakat)
FX Suwarta_Laporan Akhir PPM.pdf

Download (8MB)

Abstract

Program pengabdian intensifikasi ternak ayam kampung telah dilaksanakan di Kelompok ternak Lorejo”, Kecamatan Moyudan, Sleman, Yogyakarta. Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya produktivitas ternak ayam kampung karena pemeliharaannya masih esktensif tradisional. Kegiatan yang dilakukan berupa perbaikan manajemen pemeliharaan secara semi intensif meliputi pelatihan dan pendampingan manajemen penetasan, pencegahan penyakit, perkandangan, dan manajemen brooding. Peserta adalah ibu rumah tangga peternak sebanyak 10 orang. Hasil identifikasi menunjukkan rata-rata peternak mempunyai lahan sawah garapan 2200 m2, lahan pekarangan 450 m2. Pada pemeliharaan secara ektensif tradisionnal rata-rata kepemilikan ayam kampung 6,2 ekor/peternak dan kematian anak ayam mencapai 60%. Hasil PPM menunjukkan bahwa peternak ber kemampuan memperbaiki penetasan melalui seleksi telur, candling, membuat sangkar bertelur dan mengopersionalkan mesin tetas. Semua ternak dapat melakukan vaksinasi dan hanya 90% peternak melakukan brooding sesuai manual. Hanya 60% peternak yang melakukan pemeliharan ayam secara dikandangkan. Pakan yang diberikan pada fase brooding adalah BR-1, dan setelah pasca brooding berupa campuran konsentrat, bekatul, nasi dan dedaunan. Mortalitas anak ayam selama brooding mencapai 6% dengan capaian berat badan pada usia 100 hari 0,8 kg. Disimpulkan bahwa kegiatan yang dilakukan mampu memperbaiki produktivitas ayam kampung.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: ayam kampung, intensifikasi, Lorejo
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Peternakan
Depositing User: Perpustakaan UMBY
Date Deposited: 19 Jan 2022 04:08
Last Modified: 19 Jan 2022 04:08
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14196

Actions (login required)

View Item View Item