LAPORAN AKHIR PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT DANA UMBY PEMANFAATAN LIMBAH TERNAK DOMBA UNTUK PUPUK ORGANIK PADAT DAN CAIR DI KELOMPOK PETERNAK DOMBA BERKAH MAKMUR DESA BANYUSIDI, MAGELANG

Dewi, Sri Hartati Candra and Astuti, Niken (2021) LAPORAN AKHIR PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT DANA UMBY PEMANFAATAN LIMBAH TERNAK DOMBA UNTUK PUPUK ORGANIK PADAT DAN CAIR DI KELOMPOK PETERNAK DOMBA BERKAH MAKMUR DESA BANYUSIDI, MAGELANG. Project Report. Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text (Laporan Program Pengabdian Masyarakat)
LAPORAN AKHIR PPM DANA UMBY_CANDRA-NIKEN 2021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dua kelompok ternak sebagai obyek penerapan TTG adalah Kelompok “Berkah Makmur” dusun Dayogo desa Banyusidi. Desa Banyusidi merupakan 1 desa dari 3 desa yang memiliki jumlah Rumah Tangga Miskin (RTM) terbanyak di Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang. Kelompok ternak domba ini memiliki permasalahan tingkat keuntungan yang belum mencapai maksimal karena kualitas genetik anakannya masih rendah dan tingginya angka kematian cempe saat partus, pakan kualitasnya masih rendah dan terjadi kekurangan pakan saat musim kemarau, serta belum dimafaatkannya limbah dari kotoran dan air kencing domba yang dipelihara. Prioritas permasalahan mitra adalah kurangnya implementasi pemanfaatan limbahnya baik dari kotoran maupun dari air kencing domba. Permasalahan tersebut telah disepakati dengan dua kelompok mitra yang akan di atasi dengan penerapan teknologi pengolahan limbah baik limbah padat maupun limbah cair dari ternak domba tersebut, serta pengadaan peralatan yang berkaitan dengan penerapan pengolahan limbah. Metoda pelaksanaan PPM PPTTG melalui teknik penyadaran (AMT) dan penyadaran akan arti pentingnya usaha peternakan domba, selanjutnya akan dilakukan kegiatan pelatihan dan praktek secara langsung. Terapan teknologi pengolahan limbah melalui penerapan teknologi pengolahan limbah padat dari kotoran domba dan penerapan teknologi pengolahan limbah cair dari air kencing domba yang ditampung. Program ini diawali dengan kegiatan penyadaran pentingnya teknologi pengolahan limbah menggunakan bahan-bahan lokal, kemudian pelatihan penerapan teknologi pengolahan limbah padat dan cair. Evaluasi hasil kegiatan akan dilakukan terhadap terapan teknologi diakhir program dengan melihat capaian kegiatan bersama-sama ke dua mitra kelompok ternak. Tim ini juga akan melakukan pendampingan pelaksanaan terapan teknologi ini secara aktif di lapangan secara berkelanjutan, karena ke dua kelompok ini akan diikat menggunakan MoU kemitraan sebagai kelompok usaha mitra dengan prodi Peternakan UMBY maupun dengan P3MK UMBY. Selain itu tim juga berkoordinasi dengan Dinas Peternakan dan Kelautan Kabupaten Magelang untuk menjamin keberlanjutan kegiatan ini, sehingga kelompok juga akan mendapatkan pendampingan secara terus menerus ketika program ini selesai. Luaran dari program ini adalah peningkatan pengetahuan dan ketrampilan pemanfaatan limbah padat dan cair dari ternak domba yang dipelihara dan kemampuan produksi pupuk padat dan cair. Luaran hasil penerapan teknologi tepat guna (TTG) ini telah dipublikasikan melalui media masa baik cetak nasional (MERAPI) dan media online (MERAPI, LPPM dan LLDIKTI online).

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Peternakan
Depositing User: Peternakan UMBY
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:00
Last Modified: 20 Jan 2022 04:00
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14217

Actions (login required)

View Item View Item