PENGARUH KONSENTRASI DAN FREKUENSI APLIKASI PESTISIDA ASAP CAIR SEKAM PADI TERHADAP PENGENDALIAN ULAT GRAYAK PADA KACANG HIJAU

Sariffudin, Muhamad (2020) PENGARUH KONSENTRASI DAN FREKUENSI APLIKASI PESTISIDA ASAP CAIR SEKAM PADI TERHADAP PENGENDALIAN ULAT GRAYAK PADA KACANG HIJAU. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img] Text (ABSTRAK)
abstract.pdf

Download (351kB)
[img] Text (BAB SATU)
BAB 1.pdf

Download (506kB)
[img] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (969kB) | Request a copy
[img] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (391kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Produksi kacang hijau masih banyak terkendala oleh serangan hama penting, salah satunya ulat grayak. Pemanfaatan pestisida asap cair (PAC) dari sekam padi diharapkan dapat mengatasi serangan ulat grayak pada tanaman kacang hijau, sehingga pertumbuhan dan hasil budidaya kacang hijau menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi dan frekuensi penyemprotan atau waktu aplikasi PAC yang paling baik dalam mengendalikan ulat grayak serta memberikan pertumbuhan dan hasil kacang hijau terbaik. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sumber Rahayu, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman pada bulan Oktober sampai November 2019 dengan ketinggian tempat 117 m diatas permukaan laut. Penelitian ini merupakan percobaan faktorial 3 x 2 + 1 kontrol yang disusun dalam Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL). Faktor pertama adalah konsentrasi PAC yang terdiri dari tiga aras yaitu 10, 15, dan 20 ml/l dan faktor kedua adalah frekuensi penyemprotan terdiri dari dua aras yaitu tiga dan tujuh hari sekali. Sebagai pembanding diaplikasikan pestisida kimiawi sintetik, sehingga terdapat tujuh perlakuan dengan tiga ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara konsentrasi dan frekuensi penyenprotan PAC terhadap hama ulat grayak, pertumbuhan dan hasil kacang hijau. Pengaruh aplikasi PAC terhadap hama ulat grayak pada berbagai konsentrasi ataupun pada berbagai frekuensi penyemprotan tidak menunjukkan perbedaan, dan tidak berbeda nyata pula dengan penggunaan pestisida kimiawi sintetik. Seluruh perlakuan konsentrasi maupun frekuensi penyemprotan PAC juga tidak menyebabkan perbedaan terhadap pertumbuhan dan hasil kacang hijau, namun memberikan hasil kacang hijau lebih tinggi daripada pestisida kimiawi sintetik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: kacang hijau; pestisida asap cair; sekam padi; ulat grayak
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Agroteknologi
Depositing User: Agroteknologi UMBY
Date Deposited: 02 Feb 2022 02:59
Last Modified: 02 Feb 2022 02:59
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14391

Actions (login required)

View Item View Item