HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP IKLIM SEKOLAH DENGAN PERILAKU BULLYING

Dahlia, Resti Fahmi (2017) HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP IKLIM SEKOLAH DENGAN PERILAKU BULLYING. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dan persepsi siswa terhadap iklim sekolah dengan perilaku bullying . Sehingga hipotesis pertama dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara harga diri denga perilaku bullying dan selanjutnya hipotesis kedua adalah ada hubungan negatif antara persepsi siswa terhadap iklim sekolah dengan perilaku bullying . Subjek penelitian sebanyak 110 subjek. Analisis data menggunakan korelasi product moment , hasil analisis untuk hipot esis pertama menunjukan korelasi 푟푟 푥푥푥푥 sebesar -0.200, (p<0,05). Berarti ada hubungan negatif antara harga diri dengan perilaku bullying . Semakin tinggi harga diri maka semakin rendah perilaku bullying yang dilakukan siswa. Faktor harga diri memberikan sumbangan sebesar 4% terhadap perilaku bullying . Sementara 96% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini. Selanjutnya untuk hipotesis kedua antara persepsi siswa terhadap iklim sekolah dengan perilaku bully ing , hasil analisis menunjukkan korelasi r xy sebesar -0.199, (p<0.05). berarti ada hubungan negatif antara persepsi siswa terhadap iklim sekolah dengan perilaku bullying . Semakin tinggi persepsi siswa terhadap iklim sekolah maka semakin rendah perilaku bullying yang dilakukan siswa. Faktor persepsi siswa terhadap iklim sekolah memberikan sumbangan terhadap perilaku bullying sebesar 4%. Sementara 96% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini . Kata Kunci: Harga Dir i, Perilaku Bullying , Persepsi Siswa Terhadap Iklim Sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Dr. Triana Noor Edwina D.S, M.Si
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 29 Jan 2018 04:45
Last Modified: 29 Jan 2018 04:45
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/1477

Actions (login required)

View Item View Item