Penerapan Steganografi Pada Citra Digital Menggunakan Metode Least Significant Bit (LSB) Pada Dokumen Gambar (Studi Pada Desa Adona Kab. Sorong Selatan)

Beyete, Yoksan (2022) Penerapan Steganografi Pada Citra Digital Menggunakan Metode Least Significant Bit (LSB) Pada Dokumen Gambar (Studi Pada Desa Adona Kab. Sorong Selatan). Penerapan Steganografi Pada Citra Digital Menggunakan Metode Least Significant Bit (LSB) Pada Dokumen Gambar (Studi Pada Desa Adona Kab. Sorong Selatan). pp. 1-5.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Journal Publication Yoksan.doc

Download (469kB)

Abstract

Saat ini teknologi informasi sudah sangat berkembang menjadi salah satu media yang paling populer di dunia. Sayangnya dengan berkembangnya teknologi informasi semakin berkembang pula tindak penyalah gunaan informasi yang bukan haknya. Dengan berbagai teknik banyak yang mencoba untuk mengakses informasi yang bukan haknya. Maka dari itu sejalan dengan berkembangnya media internet ini harus juga dibarengi dengan perkembangan pengamanan informasi. Berbagai macam teknik digunakan untuk melindungi informasi yang dirahasiakan dari orang yang tidak berhak, salah satunya adalah teknik steganografi. Pada tugas akhir ini, dibuat aplikasi steganografi yang bertujuan untuk mengamankan informasi berupa pesan teks dengan menyisipkan (menyembunyikan) kedalam pesan lainnya yaitu pada citra digital dengan menggunakan metode algoritma LSB (Least Significant Bit). Hasil dari aplikasi ini adalah dapat menyisipkan pesan tersembunyi berupa teks ke dalam berkas citra digital berformat JPEG dan dapat mengekstraksi kembali pesan tersembunyi tersebut dari dalam citra (stego-image). Adapun kinerja sistem yang dibangun berhasil dengan capaian 100% pada penyisipan pesan dan juga berhasil pada kinerja ekstrak pesan ketika dilakukan pengujian.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Steganografi; Least Significant Bit (LSB); Dokumen Gambar;
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Teknik Informatika UMBY
Date Deposited: 25 Mar 2022 03:55
Last Modified: 25 Mar 2022 03:55
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15101

Actions (login required)

View Item View Item