Pengaruh Lama Perendaman Dan Penambahan Cmc (Carboxy Methyl Cellulose) Terhadap Sifat Fisik, Kimia, Dan Tingkat Kesukaan Susu Koro Pedang (Canavalia ensiformis)

Kirol, Darlin (2022) Pengaruh Lama Perendaman Dan Penambahan Cmc (Carboxy Methyl Cellulose) Terhadap Sifat Fisik, Kimia, Dan Tingkat Kesukaan Susu Koro Pedang (Canavalia ensiformis). Naskah Publikasi Program Studi Teknologi Hasil Pertanian.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (38kB)

Abstract

Sari koro pedang adalah minuman yang berwarna putih seperti susu sapi yang berasal dari ekstrak kacang koro pedang dengan menggunakan pelarut air. Lama perendaman yang dilakukan diharapkan mampu mengurangi racun yang terdapat pada biji koro pedang sehingga layak untuk di konsumsi. Penambahan CMC pada susu koro pedang diharapkan dapat memberikan stabilitas yang diinginkan yaitu menyerupai susu pada umumnya sehingga memiliki nilai yang tinggi serta bermanfaat bagi kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui pengaruh lama perendaman dan penambahan CMC terhadap sifat fisik, kimia dan kesukaan susu koro pedang. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan acak lengkap pola faktorial dengan menggunakan 2 faktor . Faktor yang digunakan meliputi lama perendaman 24, 36 dan 48 jam dan dengan konsentrasi CMC 0, 0,2, 0,4%. Uji yang dilakukan adalah uji fisik, uji kesukaan dan analisis kimia. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan analisis statistik menggunakan ANOVA dengan tingkat kepercayaan 95% dan jika terdapat perbedaan yang nyata antar perlakuan maka dilanjutkan dengan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) dengan tingkat signifikan 0,05%. Hasil penelitian menunjukan bahwa lama perendaman dan penambahan CMC mempengaruhi sifat fisik dan kimia pada produk. Pada uji kesukaan yang telah dilakukan diketahui jika dari perlakuan lama perendaman 24 jam dan penambahan CMC 0,4% lebih disukai panelis dari pada produk yang lain yaitu dengan nilai 3,12. Sedangkan pada uji viskositas produk yang memiliki stabilitas terbaik adalah pada perlakuan lama perendaman 24 jam, CMC 0,4% yaitu 4,11, pada analisis kadar air dan protein masing-masing memiliki nilai tertinggi yaitu 87,91%, kadar protein 54,23%.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Lama perendaman, CMC, kadar air, kadar protein.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: THP UMBY
Date Deposited: 17 Jun 2022 05:56
Last Modified: 17 Jun 2022 05:56
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15357

Actions (login required)

View Item View Item