Efektivitas Pelatihan Konsep Diri Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Wanita Yang Mengalami Body Shaming (Penghinaan Citra Tubuh)

Putri, Banonndaru Kartika Putri (2021) Efektivitas Pelatihan Konsep Diri Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Wanita Yang Mengalami Body Shaming (Penghinaan Citra Tubuh). Efektivitas Pelatihan Konsep Diri Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Wanita Yang Mengalami Body Shaming (Penghinaan Citra Tubuh). pp. 1-19.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi Tesis.docx

Download (44kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan konsep diri dalam upaya meningkatkan kepercayaan diri pada wanita yang mengalami body shaming (penghinaan citra tubuh). Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya perbedaan pengaruh peningkatan kepercayaan diri kelompok yang mendapatkan pelatihan konsep diri (kelompok eksperimen) dengan kelompok yang tidak mendapatkan pelatihan konsep diri (kelompok kontrol), serta adanya perbedaan peningkatan kepercayaan diri sebelum dan sesudah diberikan pelatihan konsep diri. Hasil penelitian beredasarkan uji mann whitney didapatkan hasil bahwa adanya pengaruh pelatihan konsep diri terhadap peningkatan kepercayaan diri antara kelompok eksperiman yang mendapatkan pelatihan konsep diri dengan kelompok kontrol yang tidak mendapatkan pelatihan konsep diri., dengan nilai Z -2.892 dan Asymp sig 0.004 (p < 0.05). Kemudian berdasarkan hasil uji wilcoxon rank test, didapatkan hasil bahwa adanya perbedaan penurunan stres sebelum dan sesudah diberikan pelatihan konsep diri,dengan nilai Z -2.606 dan Asymp sig 0.009 (p < 0.05).

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: kepercayaan diri, pelatihan konsep diri.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi
Depositing User: Magister Psikologi Profesi UMBY
Date Deposited: 21 Apr 2022 05:06
Last Modified: 21 Apr 2022 05:06
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15384

Actions (login required)

View Item View Item