Hubungan Pola Pemberian Pakan Dan Kondisi Kandang Dengan Kejadian Helminthiasis Pada Sapi Potong Di Wilayah Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali

Abdusyakur, Muhammad (2021) Hubungan Pola Pemberian Pakan Dan Kondisi Kandang Dengan Kejadian Helminthiasis Pada Sapi Potong Di Wilayah Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali. Naskah Publikasi Program Studi Peternakan.

[img] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (71kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola pemberian pakan dan kondisi kandang terhadap prevalensi Helminthiasis di Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 24 April – hingga 4 Mei 2021. Sebanyak 87 sampel feses sapi potong digunakan dalam penelitian ini dan dilakukan pengujian menggunakan metode sedimentasi dan MC Master. Rata-rata skor pola pemberian pakan dan kondisi kandang masing-masing sebesar 2,42 dan 2,21 yang menunjukkan bahwa pola pemberian pakan dan kondisi kandang yang dilakukan oleh peternak berada pada kondisi sedang. Hasil pemeriksaan ditemukan 5 spesies telur cacing yaitu Trichuris sp, Moniezia sp, Trichostrongylus sp, Cooperia sp dan Ostertagia sp. Dari keseluruhan sampel diperoleh prevalensi sebesar 43%. Data skoring dan kejadian helminthiasis dianalisis korelasi regresi. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara pola pemberian pakan terhadap prevalensi helminthiasis dengan persamaan regresi Y = 4,150-0,112 X dan nilai R = 0,572 dan Y =3,539-0,95 X dengan nilai R = 0,646 untuk kondisi kandang. Disimpulkan bahwa semakin bagus pola pemberian pakan dan kondisi kandang akan semakin kecil terjadinya kejadian helminthiasis dan sebaliknya.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Sapi potong, Helminthiasis, Pola pemberian pakan, kondisi kandang, Prevalesi.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Peternakan
Depositing User: Peternakan UMBY
Date Deposited: 16 Jun 2022 04:27
Last Modified: 16 Jun 2022 04:27
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15462

Actions (login required)

View Item View Item