Pengaruh Sales Growth, Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2015 – 2019)

Ningsih, Sonia Dwi (2021) Pengaruh Sales Growth, Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2015 – 2019). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[img] Text (NASKAH PUBLIKSI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (73kB)

Abstract

Tax avoidance merupakan bagian dari tax planning yang dilakukan untuk meminimalkan pembayaran pajak dengan cara mengorganisir usaha wajib pajak sedemikian rupa sehingga utang pajaknya berada dalam kondisi yang paling minimal, sepanjang dimungkinkan oleh ketentuan peraturan undangundang perpajakan maupun secara komersial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sales growth, leverage, dan profitabilitas terhadap tax avoidance. Studi penelitian dilakukan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Data yang digunakan diambil dari laporan keuangan perusahaan yang tersedia di Bursa Efek Indonesia. Purposive sampling digunakan untuk menentukan jumlah perusahaan yang dipilih dengan menggunakan uji statistik dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa sales growth tidak berpengaruh negatif signifikan terhadap penghindaran pajak perusahaan, leverage berpengaruh positif signifikan terhadap penghindaran pajak perusahaan, profitabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap penghindaran pajak perusahaan.

Item Type: Article
Additional Information/ Lokasi Hardcopy: Perustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: : sales growth, leverage, profitabilitas, dan penghindaran pajak.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:42
Last Modified: 22 Jun 2022 02:42
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15595

Actions (login required)

View Item View Item